7 Penyebab Serangan Jantung Yang Harus Diwaspadai

Penyakit jantung merupakan penyakit yang mematikan. Penyakit jantung merupakan satu jenis penyakit berbahaya yang angka kematiannya tinggi di Indonesia. Banyak sekali masyarakat yang belum mengetahui penyebab serangan jantung. Kebanyakan penderita penyakit jantung diakibatkan karena faktor keturunan dan juga gaya hidup yang kurang sehat, seperti merokok, dan obesitas. Selain penyebab – penyebab itu masih banyak lagi penyebab lainnya.

Berikut beberapa faktor penyebab serangan jantung yang harus diwaspadai, diantaranya adalah

1. Faktor usia

Pada usia kurang dari 50 tahun, resiko treserang penyakit jantung lebih tinggi diderita pada kaum laki – laki bila dibandingkan dengan kaum wanita. Akan tetapi pada usia diatas 50 tahun atau setelah menopause, resiko terserang penyakit jantung lebih tinggi pada wnita karena penurunan hormon esterogen.

2. Keturunan

Faktor utama ialah keturunan, apabila terdapat riwayat penyakit jantung baik dari keluarga pria maupun wanita, maka keturunannya akan beresiko besar terkena serangan jantung.

3. Perokok aktif maupun pasif

Rokok menyebabkan serangan jantung sangat tinggi. Para perokok juga membuat orang yang ada disekitarnya menjadi beresiko terkena penyakit jantung, karena menghirup asap dari rokok mereka.

4. Faktor hipertensi / darah tinggi

Penderita tekanan darah tinggi yang berlangsung lama merupakan penyebab serangan jantung.

5. Diabetes

Penderita diabetes juga rentan terkena serangan jantung karena komplikasi. Sehingga para penderita diabetes harus menjaga kesehatan karena beresiko terserang penyakit jantung.

6. Obesitas

Penyebab diabetes adalah obesitas atau kelebihan berat badan, sehingga juga akan menyebabkan serangan jantung jika sampai menderita diabetes. Karena diabetes sendiri dapat meningkatkan resiko penyakit jantung koroner.

7. Emosi berlebihan

Dari pennelitian yang sudah dilakukan, emosi berlebihan atau stress dapat menyebabkan penyempitan arteri dan ini menurunkan aliran darah. Stress juga dapat menyebabkan pecahnya dinding arteri yang menjadikan penyebab serangan jantung.

Diatas merupakan beberapa faktor atau penyebab serangan jantung. Dari faktor – faktor diatas kita dapat menghindarinya agar terbebas dari serangan jantung dan kita dapat hidup sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>