9 Gejala Penyakit Diabetes

Diabetes mellitus, yang juga dikenal di Indonesia dengan istilah kencing manis merupakan kelainan metabolik yang disebabkan oleh banyak faktor, dengan simtoma berupa hiperglikemia kronis dan gangguan metabolisme karbohidrat, lemak, dan protein. Bahayanya adalah banyak masyarakat yang kurang tahu gejala penyakit diabetes ini. Mereka kurang tahu apakah kadar gula dalam darah ditubuh mereka melampaui ambang batas normal yang dibutuhkan tubuh atau tidak, kecuali mereka pergi periksa ke dokter atau rumah sakit.

Sebagian besar penderita penyakit diabetes ini di derita oleh masyarakat di daerah perkotaan. Banyak yang mengira penyakit diabetes ini diderita akibat faktor keturunan, padahal dari sejumlah penderita kencing manis selama ini sedikit yang tercatat akibat dari faktor keturunan. Pada dasarnya penyakit kencing manis atau diabetes ini diakibatkan oleh konsumsi makanan yang tidak terkontrol atau biasanya karena efek samping penggunaan obat tertentu yang dikonsumsi jangka panjang.

Beberapa faktor yang mempengaruhi diabetes diantaranya obesitas, ketrunan, hipertensi, kolesterol yang tinggi, merokok, terlalu banyak makan karbohidrat, dan gaya hidup modern ( makanan instan / cepat saji ). Masalahnya adalah tidak adanya pemberitahuan dari tubuh kita jika kita ada indikasi gejala penyakit diabetes tahap awal pada tubuh kita. Lain halnya jika kita akan terserang flu, kita pasti bisa merasakan gejalanya secara langsung dan kita bisa mencegahnya.

Gejala penyakit diabetes yang perlu kita tahu,

  1. Sering kencing dengan volume yang banyak, terutama pada malam hari
  2. Mudak seklai lapar, sehingga menyebabkan banyak makan
  3. Mudah haus serta ingin banyak minum
  4. Sering mengantuk dan mudah lelah
  5. Penglihatan kabur
  6. Sering pusing – pusing dan mual
  7. Koordinasi gerak tubuh terganggu
  8. Sering kesemutan dan gatal – gatal pada tangan dan kaki
  9. Berat badan mengalami penurunan secara terus menerus

Semua gejala penyakit diabetes diatas merupakan efek dari kadar gula darah yang tinggi. Jika anda merasakan gejala – gejala diatas alangkah baiknya anda segera periksa kadar gula darah anda dan yang terpenting adalah untuk membiasakan diri anda dengan gaya hidup sehat agar kesehatan kita tetap terjaga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>