Cara Mengatasi Penyakit Maag

Penyakit dengan nama gastritis yang sering disebut dengan penyakit maag ini merupakan penyakit yang mengakibatkan pembengkakan, peradangan atau iritasi pada lapisan lambung. Biasanya penyakit ini kambuh secara tiba – tiba dan berlangsung cepat, namun bisa jadi semakin parah dan berlangsung lama. Banyak masyarakat berpikir bahwa penyakit maag ini hanya penyakit ringan saja dan tidak perlu dikhawatirkan, semua itu tidak benar. Kita harus sebisa mungkin menghindari penyakit yang ada di tubuh kita agar tetap sehat. Cara mengatasi penyakit maag ini bisa dilakukan dengan mengurangi bahkan tinggalkan saja kebiasaan hidup tidak sehat. Intinya adalah jangan sering telat makan, jika sudah waktunya makan segeralah makan paling tidak perut terisi dengan makanan agar lambung tidak kosong.

Biasanya penderita penyakit maag mengali gejala mual dan ingin muntah, perut terasa nyeri, kembung, nafsu makan berkurang, sering sendawa, dan susah tidur akibat rasa sakit pada perut. Cara mengatasi penyakit maag juga bisa dilakukan dengan menghindari mengkosumsi minuman yang mengandung kafein, makanan berlemak, tomat, alkohol, rokok, buah asam, dan janganlah makan 2 -3 jam sebelum tidur. Usahakanlah makan secara teratur, kalau bisa makanlah sebelum kamu merasa sangat lapar sekali. Makan makanan yang mudah dicerna juga baik untuk penderita penyakit maag.

Untuk pengobatan secara tradisional atau alami

  1. Siapkan kurang lebih 8 lembar daun jambu biji
  2. Rebus dengan 1,5 liter air sampai mendidih, kemudian saring dan ambil air rebusannya
  3. Minum 3 kali sehari

Selain dengan menggunakan daun jambu biji, kunyit juga dapat mengatasi sakit maag. Biasanya dengan cara diparut dan diperas untuk diminum sari dari kunyitnya tadi. Sebenarnya jika kita melakukan pola hidup sehat akan minim sekali sertesrang sakit maag. Pesan dari saya satu saja, makanlah secara teratur dan jangan sampai telat makan. Karena perut yang kosong dapat membuat lambung iritasi. Demikianlah cara – cara mengatasi penyakit maag, semoga dapat membantu anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>